News Feed

Temukan 1 Unit Berusia 29 tahun, Bupati Kediri Janji Perkuat Armada PMK

satuwarta.id – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melakukan inspeksi mendadak di markas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Kediri.

Kedatangan Hanindhito Himawan Pramana di tempat itu selain untuk memeriksa sejumlah sisi bangunan kantor PMK , juga untuk melihat kelayakan armada mobil pemadam kebakaran yang dimiliki PMK. Dari tiga mobil yang dimiliki, satu diantaranya rupanya sudah berumur 29 tahun.

Dengan wilayah Kabupaten Kediri yang sangat luas, unit mobil PMK hanya berada di kantor PMK yang ada di Pare – satu-satunya kantor PMK di Kabupaten Kediri.  Misalkan terjadi kebakaran di wilayah Mojo, kemungkinan bisa tidak teratasi.

” Memang cukup memprihatinkan. Salah satu mobil yang dipakai setiap hari sudah dari 1992. Sudah 29 tahun dipakai masih belum diganti. Hebat sekali pemadam kebakaran Kabupaten Kediri ini, punya mobil berumur 29 tahun dan masih turun ke masyarakat, ” ujar Bupati Hanindhito Himawan Pramana, Jumat, (04/06/2021).

Bupati Kediri menegaskan Kabupaten Kediri membutuhkan setidaknya satu tambahan unit mobil PMK serta pos pantau pemadam kebakaran di wilayah lain.  Kebutuhan unit PMK dan pos pantau akan dimasukkan dalam perubahan anggaran keuangan 2021 atau 2022 nanti.

” Atau kita buat pos pantau baru di wilayah barat sungai.  Di PAK atau 2022 mungkin kita anggarkan.  Untuk SDM nya sendiri luar biasa. Yang paling sering melakukan evakuasi tawon tapi karena APD nya tidak ada mereka buat sendiri dari topi petani. Mereka berkreasi dalam keterbatasan yang ada. Disitulah harusnya Kabupaten hadir,  ” tambah MasBup Dhito panggilan akrab Bupati.

Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Kediri, Budyo Tjahyono mengatakan anggotanya selalu berhati-hati saat membawa unit yang sudah berumur tadi. ” Driver selalu hati-hati, kalau terlalu cepat takutnya mobilnya rewel, ” tukas Budyo.

Sementara itu terkait pos pemadam kebakaran atau pos pantau, Budyo mengatakan idealnya untuk Kabupaten Kediri setidaknya memiliki 6 pos pantau, termasuk kantor Pare.

” Menurut perencanaan saya di Papar 1, Barat Sungai 1,  Simpang Lima Gumul 1, Pendopo 1,  Ngadiluwih 1. Untuk kekuatan unit PMK ada tiga yakni kapasitas 6000 liter, 5000 liter dan 3000 liter, ” tutur Budyo Tjahyono.

Setahun terakhir sendiri PMK Kabupaten Kediri mengatasi 16 kasus kebakaran, yang mana didominasi kejadian di rumah penduduk dengan 1 korban meninggal.  (bby)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close