BERITA PILIHANNews Feed

Per 1 Juni 2021, Mars Pancasila Bergema di Kota Kediri Setiap Hari

satuwarta.id – Ada yang berbeda di kota Kediri mulai 1 Juni 2021. Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemerintah kota Kediri menginisiasi Gerakan Kebangsaan Mengumandangkan Mars Pancasila. Dalam gerakan ini, Pemerintah kota Kediri Akan memutar Mars Pancasila di tempat-tempat umum. Mars Pancasila akan bergema di 17 Area Traffic Control System (ATCS) dan di beberapa pusat perbelanjaan.

Diharapkan gerakan ini bisa menjadi virus yang positif bagi Indonesia dan nilai-nilai pancasila bisa terus diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan ini sendiri bukan sekedar untuk mengenang sejarah Pancasila. Wali Kota Kediri mengungkapkan saat ini rasa nasionalisme sedikit luntur. Maka dari itu harus dibuat gerakan untuk kembali membangkitkan rasa nasionalisme.

“Alhamdulillah kami bersyukur di Kota Kediri kalau kita lihat peninggalan-peninggalan sejarah berupa relief yang berkaitan dengan Garuda. Bila ditarik ke belakang ternyata simbol-simbol Garuda ini ada di Kota Kediri. Ke depan kita harus mengembangkan serta menggali lebih dalam lagi Pancasila. Sehingga harus ditumbuhkembangkan agar lebih asyik lagi.” ujar Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Selasa (1/6/2021).

Di pemutaran perdana,  Kejadian menarik terekam di beberapa titik di Kota Kediri. Seperti di Simpang Empat Nabatiyasa, terlihat beberapa pengendara sepeda motor berhenti dan melakukan sikap sempurna saat mendengarkan Mars Pancasila dikumandangkan.

” Kita juga siap berkolaborasi untuk mengembangkan rasa nasionalisme. Paling tidak kita bisa membantu Negara ini bahwa Pancasila ini memang ideologi kita, identitas kita. Sehingga saya yakin sekali Pancasila lahir tanpa akhir untuk tanah air,” tambah Abdullah Abu Bakar.

Sementara itu di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Kediri aktivitas terhenti sejenak saat pemutaran Mars Pancasila. Karyawan berbaris rapi dan melakukan sikap sempurna saat mendengar Mars Pancasila.

Launching Gerakan Kebangsaan Mengumandangkan Mars Pancasila turut dihadiri Satriyani yang merupakan salah satu dari 74 ikon penerima penghargaan Pancasila tahun 2019 dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Selain itu kegiatan juga diikuti secara virtual oleh Direktur Standarisasi Materi dan Metode Aparatur Sipil Negara BPIP Aris Heru Utomo , Aktivis Sosial/Kepemudaan dan Seni Gus Syauqi Ma’aruf Amin , Aktivis Lingkungan, Nanang dari Rumah Garuda Yogyakarta Nugie dan perwakilan dari Pemkot Lampung. (bby)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close