News Feed

Lawan Radikalisme, Bupati Kediri Ajak Pemuda Kuatkan Kembali Pemahaman Pancasila

satuwarta.id – Penerapan Pancasila sebagai ideologi serta pedoman hidup bangsa Indonesia, sudah seharusnya diamalkan oleh para pemuda  generasi penerus bangsa. Pancasila bisa menjadi “penjaga” kaum muda dari pengaruh radikal yang mengancam persatuan bangsa.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Bertepatan dengan peringatan Hari Pancasila 1 Juli 2021 mengajak para pemuda, khususnya pemuda Kabupaten Kediri untuk memperkuat pemahaman tentang Pancasila.

” Saya yakin tidak sedikit para pemuda Kabupaten Kediri yang sudah mulai luntur ideologinya, sudah mulai luntur pemahaman tentang Pancasila. Saya minta untuk baca lagi apa itu Pancasila. Pahami lagi terminologinya dari setiap kata itu lalu terapkanlah dalam kehidupan sehari-hari, ” tukas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, saat menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, Senin, (31/05/2021).

Digelar di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, dan mengusung tema ” Nilai-nilai Luhur Pancasila Menjadi Pedoman Kita Dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara” ini Bupati yang akrab disapa MasBup Dhito itu turut mengingatkan pentingnya Pancasila untuk melawan paparan radikalisme.

” Radikalisme sudah masuk dalam instrumen-instrumen yang sudah tidak tertebak lagi, Ada pegawai BUMN yang sudah mulai terpapar, juga ASN (aparatur sipil negara). Karena itu Pemerintah Kabupaten Kediri dalam hal ini harus berhati-hati sekali .  Saya sangat menghargai adanya peringatan hari lahirnya Pancasila. Kita mengenang serta merayakan hari lahir Pancasila tersebut supaya bisa jauh dari radikalisme, ” kata Hanindhito Himawan Pramana lagi.

Untuk mencegah paparan radikalisme di kalangan ASN Kabupaten Kediri, Bupati muda ini tengah mengkaji untuk melakukan kuisioner. ” Mungkin apakah perlu kita buat semacam pertanyaan. Karena dari radikal atau tidak kelihatan dari jawabannya. Beberapa daerah sudah melakukan itu,” tukasnya lagi.

Tak lupa, Bapak satu ini turut menghimbau warga dan juga camat serta kepala desa se-kabupaten Kediri untuk mengibarkan bendera merah putih penuh sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan peringatan Hari Lahir Pancasila ini turut dihadiri oleh Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Murdi Hantoro, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, serta sejumlah kader serta pengurus. (bby)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close