News Feed

Ajak Diaspora Berbagi Ilmu, Bangkitkan UMKM Kota Kediri

satuwarta.id – Wali Kota Kediri mengajak diaspora melakukan terobosan untuk membangkitkan sektor UMKM di Kota Kediri.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menyapa para diaspora dan perantau Kota Kediri yang tidak bisa mudik melalui silaturahmi virtual, Rabu (19/5). Tidak hanya perantau yang ada di Jakarta, Bandung, dan lainnya, para diaspora di sejumlah negara pun turut hadir. Mereka diantaranya ada di Hungary, Amerika Serikat, Qatar, Jepang dan Prancis

Masukan ataupun pengalaman dari rekan-rekan diaspora, nantinya dapat diadopsi oleh Pemerintah Kota Kediri untuk memajukan UMKM di Kota Kediri. Di masa pandemi ini ekonomi terkoreksi cukup dalam. Namun Pemerintah Kota Kediri dibantu beberapa pihak membuat terobosan di bidang ekonomi khususnya digitalisasi.

Termasuk mengangkat para UMKM atau mempersiapkan UMKM yang ada di Kota Kediri ini untuk go digital. Baik itu go to marketplace maupun ekspor ke negara lain.

“Walaupun di masa pandemi kami mencoba memutar otak bagaimana UMKM yang ada di Kota Kediri mereka bisa ada peningkatan. Saatnya kita belajar, tidak boleh mati suri, kita harus adaptif. Karena awal pandemi semua mati suri. Memang ini butuh effort yang besar bagi Pemerintah Kota Kediri maupun UMKM yang ada di Kota Kediri. Maka dari itu kami butuh masukan yang banyak dari rekan-rekan diaspora yang ilmunya banyak sekali. Mungkin ada pengalaman-pengalaman yang bisa dibagikan kepada kami sehingga kami bisa mengadopsi pengalaman itu,” Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Wali Kota Kediri juga meminta kepada Wahyudiono salah satu diaspora yang berprofesi sebagai dosen di Jepang untuk meneliti ataupun membuat terobosan bagaimana produk andalan Kota Kediri yakni tahu bisa tahan lama.

“Tahu putih di Jepang itu bisa tahan lama. Tolong dipelajari ya Mas bagaimana tekniknya dan bisa diterapkan di Kota Kediri. Sehingga tahu Kota Kediri saat dikirim ke luar daerah bisa awet,” ujar Wali Kota Kediri. (bby)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close