BERITA PILIHANBISNISNEWSNews Feed

Layanan e-Retribusi Ampuh Cegah Kebocoran Retribusi

satuwarta.id – Kehadiran layanan e-Retribusi berbasis QRIS tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan ekonomi digital, tapi juga untuk transparansi keuangan.

Menurut Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, di beberapa daerah ada kebocoran sampai miliaran. Namun kebocoran retribusi atau keuangan hilang saat sudah memanfaatkan QRIS.

” Kita bisa cari tahu kebocoran uang-uang itu, dengan transaksi elektronik ini kebocoran uang bisa tidak terjadi. Di beberapa daerah ada kebocoran sekian miliar , setelah memakai QRIS kebocoran itu tidak terjadi. Itu yang kita harapkan pada seluruh pasar di kabupaten Kediri, ” kata Bupati muda yang akrab disapa Mas Dhito ini kepada satuwarta.id, Senin, (10/05/2021).

Hal senada juga diungkapkan Perwakilan BI Kediri Sofwan Kurnia. Menurutnya digitalisasi bisa mencegah kebocoran retribusi.

” Kenapa digitalisasi harus dilakukan? Untuk menghindari kebocoran retribusi. kalau pengumpulan dengan menggunakan digitalisasi lewat QRIS , di akhir hari bisa diketahui jumlahnya berapa, dan bisa masuk rekening khusus penerimaan retribusi. Setelah dikumpulkan bank Jatim, nanti dipindahkan ke rekening khusus retribusi,” kata Sofwan.

Sofwan juga menegaskan dengan semakin cepat uang terkumpul dan dipindahkan akan menimbulkan efek ekonomi luar biasa.

” Apa manfaatnya terkumpul di hari yang sama? Uang yang diterima bisa digunakan untuk biaya operasional pembangunan , belanja berbagai keperluan yang sedianya harus menunggu kalau dikumpulkan secara tunai, kalau non tunai tinggal pindah rekening karena sudah terkumpul semua,” tutur Sofwan lagi. (dd/bby)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close