News Feed

Didukung BOS, Bhabinkamtibmas Diharapkan Makin Berperan Dalam Masyarakat

satuwarta.id – Jajaran Bhabinkamtibmas kini didukung kehadiran Binmas Online System (BOS). Dengan adanya aplikasi ini Bhabinkamtibmas diharapkan bisa makin ikut ambil bagian dalam menghadirkan solusi untuk permasalahan dalam masyarakat. 

Aplikasi BOS sendiri berada di bawah jajaran Korps Bina Masyarakat (Korbinmas) Baharkam Polri. Program tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk internal Polri maupun eksternal atay masyarakat umum. 

“Melalui aplikasi ini maka bhabinkamtibmas bisa membantu informasi awal kepada masyarakat dalam mendapatkan info dan sharing,” ungkap Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat peluncuran aplikasi BOS di Gedung PTIK Polri, Jakarta Selatan, Rabu (05/05/2021).

 Mantan Kabareskrim ini menjelaskan, pemanfaatan aplikasi BOS di internal diantaranya adalah untuk membuat laporan terkait dengan kegiatan-kegiatan Bhabinkamtibmas yang merupakan garda terdepan kepolisian di lini masyarakat. 

“Sehingga seluruh informasi yang ada ini bisa terlapor ke pusat dan kemudian disatukan dalam 1 sistem Big Data,” ujar Kapolri. .

Bhabinkamtibmas sendiri ditambahkan Kapolri sangat penting, terutama di masa pandemi.  

“Pada saat situasi pandemi ini, polisi yang paling pinter ya bhabinkamtibmas. Mereka bisa menjadi guru, bisa menjadi ustad, teman curhat dan sebagainya,” kata Kapolri lagi. 

Aplikasi BOS ini juga memperkuat pemolisian Presisi terkait dengan Prediktif. Pasalnya, hal itu bisa memanfaatkan Artificial Intelligence sehingga bisa mencegah atau mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). 

“Tentunya kami harapkan bisa semakin mendukung dalam upaya melaksanakan program pemolisian yang Prediktif,” ucap mantan Kapolda Banten tersebut. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close