NASIONALNews Feed

Memahami Sejarah Bangsa, Tumbuhkan Nasionalisme Pemuda

satuwarta.id – Belajar sejarah bermanfaat untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri para pemuda Indonesia. 

Hal itu ditekankan Wakapolda Jawa Timur, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, saat menjadi narasumber podcast Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UINMLG) di Gedung Patuh, Mapolda Jatim, Surabaya dengan tema “Puasa dan Upaya Meningkatkan Nasionalisme Pemuda” , Selasa (4/5/2021).

Kegiatan ini sendiri adalah salah satu  upaya meningkatkan spiritualitas warga kampus, pada bulan suci Ramadan. “Suatu paham yang harus di tanamkan untuk cinta tanah air,”  tambah Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo , saat di tanya tentang arti Nasionalisme oleh Prof Haris, selaku pembawa acara. 

Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menambahkan sangat penting bagi pemuda untuk   belajar sejarah perjuangan bangsa. 

“Pemuda sekarang harus bisa memahami sejarah bangsa, tentunya perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan juga harus di ketahui oleh pemuda sekarang,” tandasnya. 

Dan ia mengingatkan jangan sampai orang asing lebih paham akan sejarah bangsa Indonesia. 

“Jangan kita hanya bangga kepada orang-orang asing yang bisa memahami kebudayaan bangsa kita, karena itu cerminan untuk kita, jangan sampai kita sendiri tidak tahu pancasila,” tambahnya lagi. 

Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo juga berharap generasi muda, terutama mahasiswa,  paham makna dari nasionalisme itu sendiri, “memahami nilai-nilai luhur kebangsaan tentunya,” katanya lagi. 

Kegiatan ini turut  disiarkan melalui channel youtube UINMLG. bby

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close