BERITA PILIHANFEATUREDIndex

Wanita – Wanita Ini Terinsipirasi Kartini Untuk Tetap Mandiri

satuwarta.id – Perjuangan Kartini memberi arti baru bagi setiap wanita di Indonesia. Tidak hanya berjuang untuk menyamakan derajat dengan pria, tapi juga untuk memajukan diri sendiri, memberi manfaat pada lingkungan serta menjadikan diri sebagai sosok yang kuat.

Inspirasi ini dirasakan para wanita mulai dari yang bekerja di balik meja sampai mereka yang berada di garis depan kebersihan kota. ” Kartini menjunjung emansipasi wanita. Wanita tidak boleh berhenti sampai disini. Harus maju terus kejar cita cita,” kata Rinawati, petugas kebersihan di Alun-Alun Kota Kediri kepada satuwarta.id

Rinawati adalah satu-satunya wanita di tim kebersihan kawasan alun-alun, dimana satu tim terdiri dari empat orang. Rinawati bersama timnya, bertanggung jawab atas kebersihan dan keasrian alun-alun kota Kediri. Mulai dari perawatan tanaman, pemumpukan serta penggeburan tanah dilakukan.

” Jam 7 sudah di alun alun, kita utamakan (membersihkan) depan karena pandangan orang langsung pada jalan. setelah luar beres semua, baru yang dalam sampai jam 12,” kata wanita tamatan SMK ini.

Meneladani sosok Kartini, Rinawati berharap ke dirinya dan juga wanita-wanita lain di Kota Kediri bisa terus berkembang. ” Harapannya lebih maju lagi , lebih bisa mandiri dan tidak tergantung pada sosok laki laki,” ujarnya lagi.

Cerita hampir serupa datang dari Listiyana. Ibu dua anak ini setiap harinya bertugas di Taman Hutan Kota Joyoboyo, Kota kediri. Bertanggung jawab atas kebersihan sebuah “hutan” tentu bukan hal yang mudah bagi Listiyana bersama timnya. Tapi wanita yang juga pernah bertugas di Alun-Alun kota Kediri itu mengaku menikmati pekerjaan merawat dan mengurus tanaman di Hutan Kota Joyoboyo.

” Tempatnya teduh, temannya banyak. Kalau untuk duka, waktu ada acara sampahnya banyak. Tapi kita tetap enjoy sudah tugasnya,” kata wanita yang sudah tujuh tahun menjadi petugas kebersihan itu.

Sosok Kartini sendiri, menurut Listiyana memberi inspirasi untuk tetap kuat dalam hidup. Bekerja di lingkungan yang memiliki banyak pria memang terkadang menimbulkan pemikiran negatif dari orang lain, tapi Listiyana memilih tidak ambil pusing dan tetap positif.

” Kartini adalah sosok wanita tangguh. Menginspirasi wanita untuk mandiri tidak tergantung pada laki laki. Perjuangannya patut ditiru, ” pungkas Listiyana. bby

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close