NASIONAL

Forkopimda Jatim Bagikan Bantuan di Daerah Terdampak Gempa

satuwarta.id – Jajaran Forkopimda Jawa Timur yakni Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Sabtu, (17/04/2021) melihat langsung daerah terdampak gempa di Malang.

Dalam kesempatan itu, jajaran Forkompinda turut memberikan bantuan sosial kepada warga korban bencana alam.

Seperti diketahui tepat sepekan, gempa bumi berkekuatan 6.7 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021). Peristiwa ini membuat sebagian rumah warga rusak sedang bahkan rusak parah.

Seperti yang terlihat di Dusun Sumber Manggis RT 01, RW 01, Desa Jogomulyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Bagi rumah warga yang roboh, warga diungsikan ke tenda darurat milik BPBD Provinsi Jatim.

Sedangkan rumah warga yang masih bisa ditempati, mereka masih tetap tinggal di rumah masing-masing.Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, bahwa proses untuk bisa menyampaikan data harus tervalidasi yang bisa diumumkan melalui kantor kelurahan.

“Sedangkan rumah warga yang mengalami rusak ringan dan sedang akan dilakukan swakelolah yang rusak berat mendapatkan 50 juta rupiah,” jelas Gubernur Jatim, Sabtu (17/4/2021) sore.

Selain memberikan bantuan sosial kepada korban bencana, Kodam V Brawijaya dan Polda Jawa Timur, juga menyiagakan tim trauma healing untuk mengembalikan trauma bagi warga maupun anak-anak sekitar.

Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim juga melakukan peninjauan pembangunan rumah sederhana serta melakukan peletakan batu pertama

Sementara itu Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengungkapkan, anggota TNI dan Polri siap disiagakan di lokasi bencana untuk bisa bersama-sama membantu masyarakat.

“Disini yang diterjunkan ada ribuan anggota TNI dan di bantu dari Polri,” tutup Pangdam V Brawijaya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close