News Feed

Punya Potensi Tinggi, Peternakan Sapi Kabupaten Kediri Bakal Dikembangkan Lebih Besar

satuwarta.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri benar-benar memperhatikan sektor peternakan, utamanya peternakan sapi. Hal ini selaras dengan semakin berkembangnya peternak di Kabupaten Kediri yang dinilai punya potensi tinggi.

Selama ini, tidak hanya sektor pertanian saja yang punya potensi. Untuk sektor peternakan, dalam hal ini peternakan sapi di Kabupaten Kediri menyimpan potensi besar.

Dari data, Dalas setahun dari seluruh kecamatan di Kabupaten Kediri mampu menghasilkan 14 ribu ekor sapi siap potong. Sementara itu permintaan perhari dari 1 kelompok peternak bisa mencapai 200-300 ekor.

“Kalau berbicara (hasil peternakan sapi) di Kabupaten Kediri secara menyeluruh jumlahnya sangat banyak,” ungkap Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, beberapa saat lalu saat menemani
Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nasrul lah ketika berkunjung ke kelompok peternak sapi di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri.

Selain itu, menurutnya Kabupaten Kediri juga menjadi salah satu wilayah percontohan dari program desa korporasi sapi Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Ada 10 titik yang jadi percontohan desa korporasi sapi, salah satunya Kabupaten Kediri. Maka potensinya sangat tinggi sekali. Tinggal bagaimana cara mengelola teman teman peternak,” lanjut Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri.

Kedepan para peternak yang sudah siap secara infrastruktur dan tata kelola akan mendapat support dari pemerintah lewat bantuan 1000 ekor sapi, baik sapi impor ataupun sapi lokal.

“Jadi setiap desa terutama sentra peternakan rakyat yang memang sudah punya kemampuan dan tahu cara mengelola akan kita kembangkan lagi. Insyaallah ada seribu ekor sapi impor maupun lokal dimasukkan ke Kediri untuk perbaikan genetik,” pungkas Mas Bup Dhito.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close