BERITA PILIHANBISNISTEKNOLOGI

Pemkab Kediri dan BI Secara Resmi Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD)

satuwarta.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menjadi salah satu daerah yang dengan sigap melukakan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD). Secara resmi pembentukan dan penandatanganan surat keputusan ini digelar di Pendopo Kabupaten Kadiri,Selasa (30/3).

Pembentukan TP2DD ini diawali oleh sambutan Kepala BI Perwakilan Kediri Sofwan Kurnia dan dilanjutkan oleh Mas Dhito. Dan dilanjutkan pada acara inti penanda tanganan Bupati Hanindhito Himawan Pramana secara virtual.

Sebelumnya Pemkab Kediri mendukung dengan adanya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP). Dalam upaya mengubah suatu transaksi pemerintah daerah dari cara tunai menjadi non tunai. TP2DD merupakan forum komunikasi dan koordinasi yang tidak hanya diakselerasikan pada ETP saja. Namun rencana pada perluasan digitalisasi ekosistem Pemda dan UMKM.

Seperti halnya yang dituturkan oleh Bupati Hanindhito Himawan Pramana, atau lebih dikenal dengan Mas Bup. Antara lain melalui perluasan ETP pajak daerah (PBB, PBHTB, dan sebagainya), retribusi seperti e-parkir, serta penggunaan QRIS oleh koperasi dan sebagainya. Bahkan pada sambutannya Mas Bup menyebutkan, digitalisasi merupakan kunci untuk menjawab tantangan peningkatan kualitas layanan pemerintah.

Mas Dhito pun sebelumnya sempat berdiskusi dengan Kepala BI perwakilan Kediri terkait digitalisasi. “Kami mempunyai rencana untuk membangun induk pasar yang mungkin bisa menjadi bagian dari proses perluasan digitalisasi,” ungkap Mas Dhito.

Bupati yang karib disapa Mas Bup ini menambahkan, hal ini demi mendorong kesejahteraan masyarakat berdasarkan ekonomi kerakyatan dan digitalisasi.

Sementara Sofwan Kurnia pada sambutannya menuturkan kegiatan penanda tanganan ini menjadi tonggak awal Kabupaten Kediri nantinya. Untuk mengembangkan berbagai kegiatan lanjutannya. “Kita akan mendorong kerjasama antar daerah bersama Mas Bupati demi kemajuan daerah kedepannya,” tutur Sofwan Kurnia. Acara tersebut pun ditutup dengan penyerahan secara simbolis yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Kediri.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close