News Feed

RKPD 2022 Kota Kediri Fokus Pemulihan Ekonomi – Peningkatan Infrastruktur Daerah

satuwarta.id – Pemerintah Kota Kediri menetapkan sejumlah rencana pembangunan dan rencana kerja selama 2022. Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota, Senin, (29/03/2021), Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Kediri telah menetapkan tema rancangan RKPD Kota Kediri tahun 2022 yaitu “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Infrastruktur Daerah”.

Pemulihan ini didasarkan pada prioritas pembangunan daerah yang diselaraskan dengan prioritas Nasional dan Jawa Timur. Prioritas Kota Kediri pertama yaitu pembangunan ekonomi kerakyatan untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan.

Kedua yaitu pemerataan pembangunan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, ketiga peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Sementara keempat meningkatkan harmonisasi sosial dan pelestarian nilai-nilai budaya lokal.

“Prioritas Kota Kediri kelima yaitu penguatan infrastruktur pendukung perekonomian dan pelayanan dasar. Prioritas Kota Kediri keenam adalah peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana serta mitigasi perubahan iklim. Dan terakhir Prioritas Kota Kediri ketujuh yaitu peningkatan ketentraman, ketertiban umum dan peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Kota Kediri,” tukas Wali Kota Abdullah Abu Bakar.

Walikota yang karib disapa Mas Abu ini menjelaskan bahwa permasalahan atau isu strategis RKPD Kota Kediri tahun 2022 ada beberapa hal. Pertama, pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat akibat dampak Covid-19.

Isu pertama ini caranya dengan pemulihan usaha mikro dari dampak Covid-19, peningkatan jumlah wirausaha baru, peningkatan kualitas layanan rumah sakit, puskesmas, puskesmas pembantu dan jaringannya, serta peningkatan cakupan layanan Jaminan Kesehatan Nasional / Universal Health Coverage.

Kedua, penyediaan jaringan pengaman sosial sebagai antisipasi dampak Covid-19. Ketiga, peningkatan kualitas daya saing sumber daya manusia, dengan cara peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kediri melalui peningkatan kualitas dan aksesibilitas layanan pendidikan dan kesehatan serta peningkatan daya beli masyarakat.

Yang keempat, pembangunan infrastruktur dan tata kota dengan penyediaan infrastruktur berbasis lingkungan melalui Prodamas Plus, peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur perkotaan (terutama drainase dan trotoar), serta antisipasi adanya pembangunan Tol Nganjuk-Kediri-Tulungagung dan pembangunan Bandara Kediri agar berdampak positif bagi masyarakat Kota Kediri.

“Isu strategis RKPD Kota Kediri 2022 juga mencakup peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana, dengan cara peningkatan RTH baik skala kelurahan maupun kota dan peningkatan ketahanan bencana dengan peningkatan kelurahan tangguh bencana. Serta penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik yang prima,” tambah Abdullah Abu Bakar.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close