BERITA PILIHANNEWSNews Feed

Lebih Untung Dengan Pertanian Organik

Mas Bup Ikut Panen Raya Jagung dan Padi Hasil Pupuk Organik

satuwarta.id – Pengembangan sektor pertanian menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kediri. Salah satunya adalah pertanian dengan sistem organik. Seperti yang dilakukan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kemarin, Kamis (18/3), bupati mud aini turun langsung ikut panen raya komoditas padi dan jagung organik di Desa Bangkok, Kecamatan Gurah.

Pada panen raya tersebut, Mas Bup bersama petani didampingi oleh kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri Anang Widodo. Saat panen raya berlangsung, Mas Bup  mengatakan bahwa pertanian organik adalah salah satu konsentrasinya dalam bidang pertanian. Utamanya sebagai pengganti pupuk kimia yang semakin langka.

Bahkan sejauh ini, Mas Bup sudah menjalankan program DITO (Desa Inovasi Tani Organik). “Nanti ada masanya penggunaan pupuk kimia berkurang, bahkan tidak ada lagi. Sehingga tani organic ini sangatlah penting,” Ujar Mas Bup.

Tak hanya menjalankan program DITO, Mas Bup juga melakukan sosialisasi kepada petani dari pembuatan pupuk organik, penanaman, hingga ke panen. Kata Mas Bup, panen raya padi dan jagung organik ini bisa menjadi embrio atau episentrum untuk para petani. Sehingga dengan ini bisa menjadi contoh petani petani yang lain, karena dengan tani organik bisa menghemat biaya produksi tanam, namun hasil panen jauh lebih menguntungkan.

Mas bup juga mengakui di kecamatan Gurah ini cukup terkenal dengan organik nya, khususnya di Desa Bangkok. “Karena dengan organik ini, akan lebih menjual daripada tanaman yang menggunakan bahan kimia,” terangnya.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close