NEWSNews FeedPOLITIK

Jadi Garda Depan Wujudkan Keluarga Berkualitas

Gerakan PKK dikelola Dari, Oleh, dan Untuk Masyarakat

satuwarta.id- Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Kota Kediri tahun 2021 memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat. Tujuannya satu, yakni membuat masyarakat yang berdaya dan sejahtera. Hal itulah yang diungkapkan Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar saat Peringatan HKG ke-49 di Kota Kediri Rabu (17/3).

“Tahun ini, Hari Kesatuan Gerak PKK memasuki tahun ke-49. Tema yang diangkat yakni Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju. Tema ini bermakna bahwa tim penggerak dan para kader adalah garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas,” ucap Ferry Silviana.

“PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik,” tambahnya.

Kata perempuan yang karib disapa Fey tersebut, gerakan PKK semakin berkembang dengan program-program yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Ia mengatakan bahwa sejak merebaknya pandemi Covid-19, kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan. Yakni dengan gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (testing, tracing, and treatment).

Beberapa hal yang dilaksanakan PKK diantaranya memberi bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Termasuk ‘Gebrak Masker’ sejak awal pandemi hingga saat ini.

“Saya yakin, masih banyak yang sudah dilakukan oleh para kader PKK di tingkat desa/kelurahan namun belum semua dilaporkan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas peran serta bapak/ibu sekalian,” ujar istri Walikota Kediri ini.

Sementara itu Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar yang merupakan pembina TP PKK Kota Kediri menuturkan bahwa di masa pandemi ini, PKK Kota Kediri juga turut membantu Pemerintah Kota Kediri dalam menekan penyebaran Covid-19 dengan membagikan masker dan selalu mengingatkan masyarakat untuk patuh protokol kesehatan.

Di samping itu, Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kediri terus meningkat dari tahun ke tahun hal ini juga karena ada andil PKK Kota Kediri di dalamnya. “IPM kita terus meningkat karena ada gerakan dan program PKK yang sangat bagus. Dari situ angka kematian bayi, angka kematian ibu, gizi buruk bisa ditekan. Jadi saya mengucapkan terima kasih atas kerja samanya selama ini,” tegas Mas Abu.

Ke depan, Mas Abu berharap Pemkot Kediri dan PKK selalu bersinergi agar terus dapat memberikan pelayanan terbaik yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.  Sehingga dengan kehadiran PKK di masyarakat tersebut akan membawa perubahan yang besar sesuai dengan tema HKG ke-49 tahun ini. Mudah-mudahan program-program PKK Kota Kediri semakin baik dan selaras dengan program-program Pemerintah Kota Kediri.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Close
Close